0813-1130-0821 kanopiku@gmail.com
Canopy polycarbonate merupakan kanopi dengan atap terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan tersebut pun kerap digunakan untuk membuat carport, ruang jemur, atau ruang lainnya yang membutuhkan penerangan alami lebih optimal. Khusus untuk kanopi, konstuksinya biasaya dibuat dari besi atau logam yang disambung dengan sistem las. Adapun polycarbonte diketahui bersifat mampu memberi perlindungan dari sapuan hujan tapi dapat menyerap sinar matahari hampir sebanyak 90%. Sehingga ruang yang dilindungi di bagian bawahnya tetap terang meski tanpa pencahayaan tambahan. Jadi memang berbeda dibanding atap biasa yang cenderung menghalangi sinat matahari masuk ke dalam ruang.

Kelebihan bahan polycarbonate untuk sebuah kanopi yaitu bahan yang cenderung bersifat ringat namun kokoh dan kuat. Sehingga aman diaplikasikan di mana pun. Proses pemasangan kanopi polycarbonate juga terbilang simpel dan cepat tanpa harus memakan waktu lama.
Bentuk dan ukuran material polycarbonate tidak terpengaruh meski terjadi perubahan cuaca. Hal ini karena bahan polycarbonate juga memiliki sifat fleksibel yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan dan selera. Bukan hanya itu saja. Bahan ini juga tidak mudah bocor. Akan tetapi, untuk sebuah canopy polycarbonate biasanya dibentuk datar, lurus, atau melengkung. Bingung memilih polycarbonate untuk kanopi? Berikut diberikan tips-tipsnya:
Cek Kualitas Polycarbonate
Mengingat sifat polycarbonate yang kuat, kokoh, tidak mudah bocor, fleksibel, dan lainnya, bahan ini tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja untuk mendapat kualitas terbaik maka pilih material polycarbonate dengan sebaik-baiknya. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu mencoba menekan secara kuat menggunakan jempol atau jari. Tekan kuat di bagian penampang berongga pada lembaran polycarbonate. Bila tidak terdapat penyok atau cacat apalagi muncul lubang bahan tersebut patut dipertimbangkan. Sebaliknya bila Anda mendapati penyok artinya kualitas bahan kurang bagus. Anda bisa melakukan pengecekan kualitas ini pada sejumlah brand polycarbonate. Namun, memang lebih dianjurkan melakuan tes pada polycarbonate yang digadang-gadang berkualitas.
Desain Canopy Polycarbonate
Bila Anda ingin menyuguhkan kesan modern yang elegan namun tetap sederhana, canopy polycarbonate memang pilihan yang tepat. Anda bisa memilih warna transparan atau bening yang sekilas mirip seperti kaca. Namun, pastikan desain kanopi polycarbonate yang dipilih bisa tampil selaras dengan desain bangunan secara keseluruhan. Tentu tidak lucu bukan bila kanopi polycarbonate berdesain klasik elegan, namun bangunan cenderung minimalis yang simpel.
Pemilihan Warna Canopy Polycarbonate
Sebenarnya tidak ada standar kualitas internasional baku untuk memilih polycarbonate bermutu. Sehingga pemilihan material bisa lebih bebas dengan menyesuaikan kebutuhan. Misalnya saja terkait pemilihan warna. Terdapat beberapa pilihan warna bahan polycarbonate seperti biru, hijau, kuning, merah, cokelat, dan masih banyak lagi. Pemilihan warna tersebut bisa Anda selaraskan dengan warna bangunan terutama di bagian tembok.
Demikian beberapa tips mudah memilih polycarbonate untuk sebuah kanopi. Sebagai info tambahan, di pasaran banyak ditawarkan brand polycarbonate yang umum digunakan untuk pembuatan kanopi. Sebut saja mulai dari Twinlite, Starlite, Lexan, GE, Lexan Carboran, Carbolux, Solarlite, Molydex, Cladian Plast, X-Lite, dan masih banyak lagi. Dari sejumlah uji coba termasuk menguji dengan cara menekan material, konon brand Solarlite dan Twinlite menjadi salah satu yang terbaik sebagai penutup atap kanopi. Hanya saja memang ada harga lebih yang perlu Anda persiapkan. Namun, harga tentu bukan masalah selama ada janji kualitas canopy polycarbonate unggulan yang akan Anda dapatkan